Dahsyatnya Doa Nabi Yunus

25 Mar

Nabi Yunus alayhissalam diutus oleh Allah swt. kepada masyarakat Naynawa, yang terkenal dengan kekafirannya. Nampaknya, Nabi Yunus kurang sabar dengan perlakuan kaumnya. Dalam keadaan kesal, ia pergi meninggalkan kaumnya menuju tepi laut. Kemudian ia menumpang kapal yang akan berlayar. Di tengah lautan, kapal diterpa badai dan angin kencang. Untuk menghindari kapal karam, muatan kapal harus dikurangi. Semua penumpang kapal sepakat untuk melakukan undian. Siapa yang namanya keluar, maka dialah yang harus dilemparkan ke lautan. Ternyata, yang keluar adalah nama Nabi Yunus. Akhirnya, Nabi Yunus menceburkan dirinya ke lautan, dan ia ditelan ikan besar. Al-Quran menyebut ikan itu dengan Hut atau Nun. Namun, Allah swt. mewahyukan ikan itu untuk tidak memakan tubuh Nabi Yunus.

Ada yang mengatakan Yunus a.s. tinggal di dalam perut ikan selama 3 hari, 7 hari, bahkan 40 hari. Selama itu ia berdoa kepada Allah swt., ‘Allahumma, la ilaha illa anta. Subhanaka, inni kuntu minazzhalimin – ya Allah, tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sungguh aku ini termasuk orang-orang yang zalim’.

Doa Yunus menembus Arsy, sampai-sampai para malaikat berkata, ‘Ya Rabb, sepertinya ini adalah suara orang lemah yang sudah dikenali, yang datang dari negeri yang jauh dan asing’. Allah bertanya, ‘Tahukan kalian, suara siapakah itu?’ Malaikat menjawab, ‘Suara siapakah itu?’ Allah berkata, ‘Itu adalah suara Yunus, hamba-Ku’. Malaikat berkata, ‘Yunus yang amalnya senantiasa naik ke langit dan doanya dikabulkan? Ya Rabb, tidakkah Engkau menaruh belas-kasih padanya lantaran dia senantiasa memuji-Mu di saat senang, dengan begitu Engkau selamatkan ia di saat terjepit seperti ini?’ Allah menjawab, ‘Ya, tentu saja’. Maka, Allah memerintahkan kepada ikan hut untuk melemparkan Yunus ke daerah tandus.

Yunus terdampar di sebuah pulau yang tandus, dalam keadaan lemah. Lalu, Allah mengembalikan kekuatannya dengan menumbuhkan pohon labu di dekatnya. Bukan hanya itu, Allah mengembalikan seribu umatnya dalam keadaan beriman, dan Allah berikan kemakmuran hidup kepada mereka. (Q.s. as-Shaffat/37: 145-148)

Doa Nabi Yunus adalah salah satu doa mustajab. Kita dianjurkan untuk sering membacanya, lebih-lebih di saat kita mengalami kesulitan. Saya punya cerita menarik tentang hal ini.

Siang itu, 8 Dzulhijjah, para jamaah haji yang berada di Mekkah mulai bergerak menuju Arafah. Meskipun wuquf baru dilaksanakan keesokan harinya, namun jamaah haji sudah diberangkatkan satu hari sebelumnya. Jarak antara Mekkah dan Arafah tidaklah jauh. Paling-paling 7 km, yang dapat ditempuh dalam waktu tidak berapa lama. Namun, kemacetan yang terjadi di sepanjang jalan dapat menyebabkan perjalanan menuju Arafah tidak secepat yang kita duga. Ditambah lagi, dengan kemampuan sopir yang tidak menguasai medan. Bahkan, ada kejadian bus baru tiba keesokan harinya. Pemerintah Arab Saudi tidak ingin mengambil risiko besar, karena wuquf adalah rukun haji yang paling penting. Jamaah haji yang tidak wuquf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, maka hajinya tidak sah. Oleh karena itu, jamaah haji diberangkatkan satu hari sebelum prosesi wuquf, agar pada saat wuquf, mereka benar-benar sudah berada di bumi Arafah.

Saat itu, saya dan 80 orang jamaah haji berada di dalam bus yang diberangkatkan menuju Arafah. Saya duduk di bangku paling depan, sambil memandu para jamaah haji. Suara talbiyah bergema sepanjang jalan menuju Arafah. Berulang kali, bus yang kami tumpangi berputar-putar di jalan yang sama. Saya ikut memberi panduan kepada sopir untuk mengambil rute yang seharusnya. Buat saya, sopir tidak kenal rute-jalan itu masalah biasa. Saya sering mengalaminya di kala musim haji. Maklum, mereka bukan penduduk asli Saudi Arabia. Mereka biasanya datang dari Mesir, Palestina, Syiria, dan Turki. Bahkan, dari identitas mereka yang saya baca, mereka baru menginjakkan kakinya di Mekkah beberapa hari yang lalu. Jadi, wajar saja kalau mereka sering kesasar. Untuk itu, biasanya sopir ditemani oleh satu orang dari maktab, yang ikut memandu perjalanan.

Bus yang kami tumpangi makin jauh dari arah Arafah. Jamaah mulai tahu bahwa sopir sudah salah jalan. Mereka mulai gelisah. Saya berusaha menenangkan mereka. Saya sadarkan mereka bahwa mereka sedang berihram. Saya ingatkan mereka jangan sampai keluar dari mulut mereka kalimat-kalimat yang tidak sepantasnya, karena itu akan merusak ihram mereka. Saya katakan bahwa ini adalah ujian untuk menguji kesabaran kita dalam menjalankan perintah Allah swt. Saya mengajak semua jamaah untuk membaca istighfar. Sepanjang jalan, saya selingi ucapan talbiyah dengan istighfar. Saya pun teringat dengan doa Nabi Yunus ketika berada di perut ikan Nun, ‘La ilaha illa anta, subhanaka inni kuntu minazzhalimin’. Saya juga meminta jamaah untuk membaca doa itu. Doa itu pun kami baca berulang-ulang. Suasana di dalam bus menjadi syahdu. Suara talbiyah, istighfar, dan doa Nabi Yunus terdengar tulus keluar dari mulut-muluh jamaah. Mereka begitu khusyu’. Sepertinya semua jamaah tidak mampu menahan tetesan air mata. Terdengar suara isak-tangis kecil.

Alhamdulillah, doa kami menembus Arsy! Allah swt. menghilangkan kegelisahan kami. Bus kami mulai berada di jalur yang benar menuju Arafah.

Kami pun menjadi lega, manakala bus kami sudah memasuki kawasan Arafah yang dipenuhi dengan kemah-kemah.

La ilaha illa anta. Subhanaka, inni kuntu minazzhalimin… Tidak ada tuhan selain-Mu. Maha Suci Engkau. Sungguh, aku ini sudah berlaku zalim…

42 Tanggapan to “Dahsyatnya Doa Nabi Yunus”

  1. TRAVEL HAJI DAN UMROH 28 Oktober 2018 pada 08:01 #

    Allah SWT memberikan kebaikan yang sangat besar pada setiap hambaNya namun kita nya saja yang masih Nifaq terkadang melupakan nya. Mohon tips bagaimana cara kita Istiqoma dengan semua itu?

  2. eureka 28 Oktober 2018 pada 03:27 #

    subhanalloh.. malam ini saya bermimipi buruk dikejar orang jahat lalu ketika saya di tangkap saya ucapkan doa tersebut berulang kali hingga terbangun .. ternyata di dekat saya sedang merayap serangga yang cukup bahaya kalo dia msuk telinga .. bgitu bangun repleks msih ucapin tu doa smbil bergegas cari barang buat mtiin tu hewan.. stlh itu bru sdar kalo dlm hati baca satu doa yg saya familiar sma itu kalimatnya tp saya juga lupa prnh dngar dimana atau artinya apa langsung sya search di google smpe nyampe ke sini.. ternyata itu doa nabi yunus.. mungkin Tuhan sdang mmpringatkn saya selama ini mlakukan hal yg dzalim skaligus terharu juga pas banget tu serangga msuk kmar saya bisa bangun dan mlihat langsung ke arahnya wktu saya bangun😢

  3. Mita 5 Maret 2016 pada 18:42 #

    Allhm ak amalin doa ktka melahirkan blng doktr nya sy harus sesar tp sy niatkn normal mskpn induksi sy d takut2n sm dktr nya tntg hal buruk mlhrkn induksi tp sy yakin dg doa bsrta amalan sy bs lhir normal….allhm induksi dan lbh luar biasa lagi tidak ada sakit malah lebih sakit menstruasi di banding sakit melahirkn….doa yg luar biasa mkasih y rabbb….

  4. kikotter 1 Mei 2015 pada 11:08 #

    Subuhannallah… Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT… Mohon ampunanmu ya Allah….sungguh engkau Maha Tahu bahwa kami telah mendholimi diri sendiri, melebihi batas atas diri sendiri…. Jika Engkau mengazab sungguh Engkau Maha Adil… Jika Engkau memberi Ampunan sungguh Engkau Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana… Ya Allah Ya Rabb… Zat yang tidak pernah sibuk mendengar keluhan para hamba-Nya… Zat yang tidak pernah bosan mendengar keluhan hamba-hamba-Nya… Mohon saat-saat sekarang ini sebagai saat-saat jalan keluar dari seluruh permasalahan yang kami hadapi baik dari sisi yang kuharap maupun dari sisi yang tidak kuharap…. Ya Allah Ya Rabb…. Lembutkanlah hati kami, telinga kami, mata kami, tangan dan kaki hamba-Mu Al Hajj, sampai Engkau menyelamatkan. kami…. Ya Allah Ya Rabb… Sungguh jiwa raga kami ada dalam genggaman Kuasamu…. Ya Allah Ya Rabb… Maha Suci Engkau……

  5. Rieky Sepryadi 13 Desember 2014 pada 11:14 #

    assalamualaikum…mohon do,anya bang aziem
    saya akan mengikuti ujian CPNS tahun ini

    trimaksih atas share do.a nya
    smga bang aziem beserta keluarga selalu dalam lindungan ALLAH SWT ,,,Aamiin yaa allah

  6. M Sallam 11 Mei 2014 pada 23:31 #

    Subhanallah اَللّهُ adalah tempat kita berpegang dan berlindung dari segala permasalahan. Ya اَللّهُ Hatiku selalu Cinta Engkau Tunjuki kami selalu jalan lurus Mu.

  7. okiy 26 Februari 2014 pada 13:29 #

    doa ini sungguh luar biasa…..

  8. rachmat 1 Januari 2014 pada 22:40 #

    سُبْحَانَ اللّهُ ,terima kasih atas penjelasannya,saya pernah bermimpi dengan kalimat ini,​الْحَمْدُلِلَّهِرَبِّالْعَالَمِينَ ternyata sangat besar hikmah nya

  9. Rijal Handika 17 November 2013 pada 15:33 #

    Subhannallah

  10. ratih 15 Oktober 2013 pada 00:17 #

    Subhanallah…

  11. fikri ashsiddiqi 25 Agustus 2013 pada 03:31 #

    Subhanallah. 🙂 terimakasih sudah di share

  12. Fikri Ashsiddiqi 17 Agustus 2013 pada 07:29 #

    Assalamualaikm, subhanallah , terimakasih sudah di share sambil nambah ilmu agama

  13. manusia lemah 2 Juli 2013 pada 14:59 #

    Ucapan itulah yg di tunggu Tuhan, smua sdh di aturNya, mulai dr lari dr kaum, badai di laut dan ikan hut yg d wahyukan, hingga di kembalikannya 1000 umat yunus dlm kondisi beriman.
    Ujian kah atau Tuhan sdg bermain dg benda ciptaannya ?

    Menurut saya, segaja di atur agar kejadian tersebut bertahan beribu² tahun agar kita ingat pada Nya (Penguasa atas semua di alam semesta raya, yg jauh nya trilyunan juta tahun cahaya. Galaxy bima sakti hny salah satu nya)

  14. Media Mendatangkan Uang Ke Dalam Rekening 27 Maret 2013 pada 22:51 #

    Insya Allah bermanfaat, semoga kita diberikan kekuatan Iman dan Ketaqwaan kepada Allah SWT. Amin

  15. herman 28 Desember 2012 pada 13:24 #

    pengalaman sy disuruh guru (perguruan al-ikhlas) agar puasa 3 hari shalat wajib dan lepas tengah malam shalat sunah/hajat dan mengamalkan ayat tsb baru kali ini sy tau maknanya, subhanallah……sy mhn ijin dengan artikel ini. tq wassalam

  16. Kerta Raharja 9 Oktober 2012 pada 15:32 #

    Insya Allah semua amalan yang berasal dari Al-Quran sangat bermanfaat untuk kita, terutama kalimat tasbih dan Doa Nabi Yunus tsb. Semoga Allah Azza Wa Jalla melimpahkan rahmatnya, dan dikuatkan Iman Islam kita semua. Amin Ya Allah Ya Rob

  17. kholid 16 Agustus 2012 pada 03:31 #

    terimakasih,cerita yang menyentuh.smoga saya juga melaksanakan haji

  18. Joe 24 Mei 2012 pada 15:53 #

    Asalamualaikum
    trimakasih mas artikelnya

  19. Joe 24 Mei 2012 pada 15:50 #

    Asalamualaikum
    trimakasih mas artikelnya, semoga bermanfaat untuk kita semua

  20. Novi Riano 23 Mei 2012 pada 22:40 #

    ما شاءالله

  21. jafar sodik 16 Juni 2011 pada 06:48 #

    Assalamualaikum
    apakah doa itu bisa untuk wirid mas??

    • Bang Aziem 16 Juni 2011 pada 08:01 #

      Wa alaykumussalam wa rahmatullah… Sangat baik jika doa Nabi Yunus itu dijadikan wirid.

      • elam rachmat 30 Juli 2013 pada 10:54 #

        Assmalaikm, kalo diwiridkan sebaiknya berapa kali ?
        trim ksh, W alkm Slm

  22. maya 6 April 2011 pada 11:41 #

    salam alaika kpd empunya blog. saya mohon share ke FB saya. feel free to visit, terima kasih. semoga kita sama2 mendapat manfaat dari ilmu ini.. aminn..

  23. razmanahmad 23 Februari 2011 pada 15:38 #

    salam,

  24. Mamatz 16 Januari 2011 pada 10:13 #

    Saya mencoba berbagi pengalaman ttg doa nabi Yunus AS ini, Subhanalloh sungguh luar biasa doa ini.
    Pengalaman saya ketika saya masuk RS karena sakit kekurangan trombosit, posisi trombo saya sudah limit paling bawah, dan selama 3 hari dokter sudah memasukan 18 kantong darah trombosit ke tubuh saya, tp trombo saya tdk terangkat sedikitpun.. dokter hanya bilang utk bersabar dan menunggu mukzizat, spontan saya stress, kondisi ini membuat kondisi saya makin tdk menentu (tensi diatas normal, gula darah mendadak naik, dll)
    malam itu saya akhirnya mencoba mendengarkan ulang tausiyah-2 yg pernah saya dengarkan.. entah kenapa saya seperti disuruh memwirid doa nabi Yunus sampai akhirnya saya tertidur…
    Pagi harinya selesai sholat subuh (dg terbaring tentunya) suster mengambil sample darah utk cek darah (rutin setiap hari) sekitar jam 9 pagi spt biasa saya mncoba menanyakan hasilnya.. dan.. saya berteriak spontan “Allahu Akbar..” sambil meneteskan air mata.. trombo saya dari 1.000 naik menjadi 9.000 Subhanalloh.. (Padahal sudah 3 hari tdk ada kenaikan sedikitpun) kemudian tiap hari saya mewirid doa tsb. sampai 5 hari kemudian trombo saya naik secara fantastis menjadi 124.000 (batas normal paling rendah 150.000)
    Dokterpun memberikan selamat kepada saya.. (sambil terheran-heran bilang ini pertolongan Tuhan)…
    Sehingga hikmah yg saya ambil bahwa Doa para nabi adalah doa yg sudah teruji… semoga bermanfaat utk saudara-saudara muslimku yg lain.. amin

    • Muhammad Chaidar Arief 19 Mei 2011 pada 15:39 #

      Maha Besar Allah 3 X. Saya juga mengalami seperti anda. Saya dirujuk dari Rumah Sakit Umum Daerah di Tanjung Selor (Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Timur), kemudian pindah ke Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan (Provinsi Kalimantan Timur), hari itu juga langsung ke Rumah Sakit Umum Abdul Wahab Syahrani di Samarinda (Provinsi Kalimantan Timur), dan besoknya saya diopname dan dioperasi di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM) Jakarta. Saya dioperasi di Bagian THT, karena ada sesuatu benda yang masuk dalam tenggorokan saya dan menyangkut di antara dua buah tulang sebelum dada saya. Selama empat hari – empat malam saya tidak boleh makam, kecuali minum dan sedikit cairan makanan. Saya ingat isteri saya memberitahukan agar selalu mengucapkan zikir dan Zikir Yunusiyah atau doa Nabi Yunus. Selama saya diperjalanan (sendirian) naik/ikut speedboat (laut), pesawat udara, dan mobil serta selama tindakan pertolongan dan bantuan medis yakni operasional, suntik setiap dua jam, dan lain sebagainya, Maha Besar Allah tiada sakitpun dan permasalahan yang saya alami. Saya menyarankan kepada saudaraku kaum muslimin dan muslimat, bacalah dan amalkan keutamaan membaca/melafaskan Zikir Yunusiyah atau doa Nabi Yunus terutama setelah menunaikan sholat wajib. Amin.Wassalamualaikum wr wb dari Muhammad Chaidar Arief.

      • Bang Aziem 21 Mei 2011 pada 20:58 #

        Allahu Akbar… Maha Besar… Terimakasih saudaraku, Chaedar Arif… Semoga ini menjadi pelajaran penting buat saudara-saudara kita yang lain. Terimakasih sudah berbagi.

  25. Alif Muhammad Jabbar 5 Desember 2010 pada 11:06 #

    Doa yang keluar dari Nabi orang pilihan Allah, perlu kita amalkan tiap hari, insya Allah segala kesulitan diangkat Allah dan diganti dengan kemudahan amin

  26. Muhammad Zidan 27 Maret 2010 pada 07:07 #

    Saya hanya ingin berbagi pengalaman kpd para pembaca sekaligus membenarkan apa yg dikatakan Bang Aziem. Pernah dlm suatu majelis, kami diminta oleh guru kami utk membaca doa ini di rumah masing2x selama 40 hari berturut-turut dgn jam yg sama & meniatkan hajat masing2x. Kebetulan kami lakukan 10 hari sebelum bulan ramadhan & selama bulan ramadhan hingga genap 40 hari. Salah satu teman kami di majelis berniat agar ayahnya menjadi orang yg tak pernah meninggalkan sholat & puasa lagi selama hidupnya. Alhamdullilah ALLAH SWT mengabulkan doanya. Ayahnya tak pernah meninggalkan sholat 5 waktu dan puasa ramadhan hingga akhir hidupnya. Mudah2xan cerita ini bermanfaat utk para pembaca & semoga ALLAH SWT selalu merahmati para pembaca dan penulis Bang Aziem beserta keluarga.

    • Bang Aziem 27 Maret 2010 pada 07:57 #

      Allahu Akbar !
      Pengalaman Bang Zidan sangat bermanfaat dan boleh dipraktikkan… Ajib… ajib…
      Semoga rahmat Allah swt. senantiasa turun kepada kita semua…
      Terimakasih sdh share pengalaman… Lain kali boleh share pengalaman yg lain… 🙂

    • purwanto 12 Februari 2013 pada 09:00 #

      Assalamu alaikum bang MUHAMAD ZIDAN, saya mohon abang berkenan mengijazahkan doa nabi Yunus kepada saya atau menunjukkan guru abang agar saya mendapat ijazah do’a tersebut agar saya dan keluarga saya menjadi orang yang bertaqwa, trima kasih

      • Bang Aziem 18 Februari 2013 pada 14:37 #

        Wa alaikumussalam wa rahmatullah, Mas Purwanto. Silakan diamalkan doa Nabi Yunus tersebut. Doa itu sudah di-ijazah-kan Rasulullah saw kepada seluruh umatnya. Oya, saya biasa dipanggil Bang Aziem, bukan Bang Muhammad Zidan.. hehe..

  27. sofyan effendi 25 Maret 2010 pada 14:37 #

    Ass.

    Kepada yth, Bapak/Ibu,

    Yang memberikan doa ini ( doa Nabi Yunus a.s ) saya meminta ridhonya untuk saya dan kami sekeluarga sebagai tambahan doa-doa kami, semoga ALLAH SWT selalu memberikan petunjuk serta rakhmadnya kepada bapak dan kita/kami sekeluarga…amin yarobalalamin.

    Wassalam.

    • Bang Aziem 25 Maret 2010 pada 15:42 #

      Wa alaykumussalam Pak Sofyan…

      Terimakasih atas doanya… doa yang sama juga saya sampaikan untuk Pak Sofyan…

      Silakan doa Nabi Yunus a.s. dijadikan amalan pribadi dan keluarga. Itu adalah amanat Allah swt. dan Rasul-Nya.

      Semoga rahmat dan inayah Allah swt. senantiasa bersama kita. Amin…

      Terimakasih sudah silaturrahim.

      • yarohim 22 Maret 2014 pada 17:50 #

        saya juga punya pengalaman saat saya ada masalah dengan kantor saya tiba2 ama kantor di panggil dengan masalah keuangan sya di panggil pengacara dan sidang di kantor saya berdua di dampingi dengan kakak saya sebelum berangkat malamnya saya baca doa tsb dan minta pengampunan ama allah s.w.t dan tahajut … di pagi hari sidang alhamdulilah masalah nya jadi clear dan orang sebanyak itu pada diam ngak ada yang bicara macam … alhamdulilah posisi saya jadi aman di kantor tsb …..

Trackbacks/Pingbacks

  1. Dahsyatnya Doa Nabi Musa | Dey Faith Fully - 22 Oktober 2012

    […] catatan sebelumnya, saya pernah menulis tentang Dahsyatnya Doa Nabi Yunus. Kali ini saya akan menulis tentang dahsyatnya doa Nabi Musa […]

  2. Kekuatan Doa ditengah keputuasaan « Serpihan Ombak Kehidupan - 9 Agustus 2012

    […] tentu saja’. Maka, Allah memerintahkan kepada ikan hut untuk melemparkan Yunus ke daerah tandus. (sumber dari sini)Doa yang dahsyat ditengah keputusasaan… doa yang kemudian dibalas Allah dengan keselamatan dan […]

  3. Jamal Rafaie » Blog Archive » ANDAI DOAKU DIMAKBULKAN? - 29 Juni 2011

    […] LA ILAHA ILLAH ANTA, SUBHANAKA INNI KUNTU MINAZZOLIMIN.. “Tidak ada Tuhan yang sebenarnya disembah melainkan Engkau, ya Allah. Maha Suci engkau, sesungguhnya aku adalah dari orang yang membuat zalim.” […]

  4. Dahsyatnya Doa Nabi Musa « Sebening Mata Air - 3 Juni 2010

    […] Apr Dalam catatan sebelumnya, saya pernah menulis tentang Dahsyatnya Doa Nabi Yunus. Kali ini saya akan menulis tentang dahsyatnya doa Nabi Musa […]

Tinggalkan komentar