Empat Kelompok Hamba Allah

8 Des

Sebagian para ulama berkata bahwa para mukallaf terbagi atas 4 kelompok:

Pertama, kelompok yang Allah ciptakan untuk ber-khidmat (melayani) kepada-Nya dan mendapatkan surga-Nya. Mereka adalah para Nabi, wali, orang beriman, orang shalih.

Kedua, kelompok yang Allah ciptakan untuk mendapatkan surga-Nya tanpa ber-khidmat kepada-Nya. Mereka adalah orang yang hidup dalam kekafiran lalu diberikan iman pada akhir hidup mereka. Mereka telah menyiakan-nyiakan hidup mereka sepanjang waktu dan getol berbuat kemaksiatan, namun akhirnya Allah menerima taubat mereka, lalu mereka mati dalam keadaan telah bertaubat dan berbuat kebaikan layaknya para penyihir Firaun (yang beriman kepada Allah setelah melihat mukjizat Nabi Musa alayhissalam)

Ketiga, kelompok yang Allah ciptakan tidak untuk ber-khidmat kepada-Nya juga tidak diberikan surga-Nya. Mereka adalah orang-orang kafir yang mati dalam kekafiran. Di dunia mereka terhalang mendapatkan kenikmatan iman dan di akhirat mereka kekal dalam azab dan kesengsaraan.

Keempat, kelompok yang Allah ciptakan untuk ber-khidmat kepada-Nya namun tidak diberikan surga-Nya. Mereka adalah orang-orang banyak beramal dalam ketaatan kepada Allah, kemudian Allah berbuat makar kepada mereka. Akhirnya mereka diusir dari pintu (rahmat) Allah dan mati dalam kekafiran.

5 Tanggapan to “Empat Kelompok Hamba Allah”

  1. EKO SATURYONO 3 Januari 2013 pada 07:41 #

    Terima kasih banyak, semoga bermanfaat.

  2. arisman aritonang 24 Maret 2012 pada 20:46 #

    Mantap Bang,sory saya kurang perhatiian sama teman,saya baru tau nih si Abang punya website mantap …Bang.sukses selalu yah…

    • Bang Aziem 9 April 2012 pada 14:43 #

      Makasih Bang Arisman, sdh mampir. Next time kita kopi darat…

  3. abihasan 28 Desember 2011 pada 15:33 #

    Ya Allah biha Ya Allah biha Ya Allah bi husnil khootimah..

    Ya Dzal Jalaali wal Ikram amitsna ‘alaa diinil islaam…

  4. Hasbi 12 Desember 2011 pada 03:04 #

    pa ustadz! Smoga Allah mmbrkan jaln kmudhn ntuk pa ustadz dlm hal apa saja. Amin ya robbal ‘alamin.

Tinggalkan komentar