Obat Hati

15 Mar

Kata Sayyiduna Ali radhiyallahu anhu, ‘Orang beriman itu, jika memandang suatu hal atau peristiwa, maka ia mengambil pelajaran. Jika diam, ia merenung (tafakur). Jika berbicara, maka bicaranya menggugah dan mengingatkan orang. Jika ditimpa musibah, ia bersabar. Jika mendapat kesenangan, ia bersyukur’.

Kata Hatim al-Asham rahimahullah, ‘Tanda orang beriman adalah melakukan ketaatan sambil menangis, sedangkan tanda orang munafik adalah meninggalkan amal sambil tertawa’.

Kata Fudhayl bin Iyadh rahimahullah, ‘Orang beriman itu seperti orang yang menanam bibit kurma dan ia takut kalau-kalau yang tumbuh adalah semak dan duri. Sedangkan orang munafik seperti orang yang menanam bibit duri dan ia berharap akan berbuah kurma’.

Kata Wahb bin Munabbih rahimahullah, ‘Siapa saja yang mencari dunia dengan amalan akhirat, maka Allah swt. akan menjungkirbalikkan hatinya dan mencatat nama-Nya dalam daftar ahli neraka’.

Kata Syaikh Abul Hasan as-Sadzili rahimahullah, ‘Dunia adalah anak perempuannya Iblis. Siapa saja yang ingin melamarnya, pastilah ia mondar-mandir datang kepada bapaknya. Jika ia sudah masuk ke dalamnya, maka ia akan berikan segala yang ia punya’.

Kata Abu Najih rahimahullah, ‘Jika orang beriman tidak melakukan maksiat kepada Tuhan-nya, niscaya ketika ia bersumpah atas nama Allah untuk menghilangkan gunung, maka pastilah sumpahnya itu dikabulkan Allah’

Kata Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad rahimahullah, ‘Barangsiapa yang memandang dirinya dengan pandangan kemuliaan sementara ia memandang orang lain dengan pandangan kehinaan, maka ia termasuk orang sombong’

6 Tanggapan to “Obat Hati”

  1. Oki 17 Maret 2010 pada 23:01 #

    Seperti biasa tulisan Bang aziem selalu memberikan kesejukan di hati dan keinginan utk selalu melakukan intropeksi diri semoga ALLAH SWT selalu merahmati anda sekeluarga. Bang, tolong beritahu saya yg bodoh ini, Ada suatu ungkapan “kenalilah dirimu maka engkau akan mengenal siapa Tuhanmu” apa maksudnya ya Bang ?

    • Bang Aziem 17 Maret 2010 pada 23:18 #

      Terimakasih doanya, kawan… Doa yg sama juga sy sampaikan untuk antum…

      Ungkapan itu dlm bahasa aslinya berbunyi, ‘Man arofa nafsahu, faqod arofa robbahu’ (siapa yang kenal dirinya, maka ia kenal dengan Tuhannya).

      Ungkapan itu bukan hadits, sbgmn yg dianggap oleh orang-banyak. Itu hanya kalimat hikmah. Dalam disiplin tasawwuf, ungkapan2 spt ini banyak bertebaran.

      Meskipun bukan hadits, namun ungkapan itu sejalan dgn firman Allah dlm surat adz-Dzariyat ayat 21, ‘Dan terhadap dirimu, apakah engkau tidak memperhatikan?’

      Maksud ungkapan itu, kurang lebih, adalah: kalau kita mengenali diri kita sendiri (baik dan buruknya, lebih dan kurangnya, terang dan gelapnya, sakit dan sehatnya, dst) apakah diri yang berupa jasad atau ruhani, maka kita akan ‘bertemu’ Tuhan di situ. Maksudnya, Dia lah Allah, Tuhan yang menciptakan diri kita dengan segala pernak-perniknya, bersyukur atas segala kelebihannya, bersabar atas segala kekurangannya, dan Dia pula tempat yang paling pantas untuk mengembalikan segala urusan hidup dan mati.

  2. A.J.I 15 Maret 2010 pada 14:45 #

    subhanallah

    Jual Internet Unlimited Murah

    • Bang Aziem 16 Maret 2010 pada 12:11 #

      Subhanallah… murah bener… mudah2an lancar bisnisnya Bang Aji..

  3. abihasan 15 Maret 2010 pada 10:46 #

    Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala memelihara diri kita dari berbagai sifat mazmumah dan menggantikannya dengan sifat-sifat mahmudah tanpa harus merasa lebih mulia dari orang lain…aamiin Allahumma aamiin.

    Terima kasih lagi buat tulisan2nya ya Bang Aziem.
    Saling mendo’akan dari jauh🙂

    • Bang Aziem 16 Maret 2010 pada 12:18 #

      Amin…
      Insya Allah, Batam lebih sejuk dengan kehadiran Bang Rozy🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: