Menjaga Kesucian Diri

4 Jun

Islam adalah agama yang mencintai kesucian, baik kesucian fisik atau ruhani. Tidak ada agama yang begitu peduli dengan masalah kesucian. Kita akan temukan bahwa di antara wahyu yang pertamakali turun kepada Nabi Muhammad saw. adalah ayat, ‘Dan pakaianmu bersihkanlah’. (Q.s. al-Mudatstsir/74: 4)

Bahkan, lebih dari itu, Islam memerintahkan umatnya untuk berhias-diri. Di antara perintah Allah swt. tentang hal ini adalah, ‘Hai manusia, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid…’ (Q.s. al-A‘raf/7: 31)

Selain Islam, tidak ada agama yang menaruh perhatian besar terhadap masalah kesucian. Pada abad pertengahan, para pendeta Kristen mendekatkan diri kepada Tuhan dengan cara tidak membersihkan badan dengan air. Mereka beranggapan bahwa makin kotor badan mereka, maka Tuhan makin dekat dengan mereka. Sebuah pandangan yang konyol!

Untuk menjaga kesucian diri, maka dalam Islam dikenal istilah thaharah. Secara bahasa, thaharah artinya kebersihan diri dari kotoran-kotoran hissiyyah (yang dapat di-indra) maupun kotoran-kotoran maknawiyyah (yang tidak dapat di-indra).

Lawan dari thaharah adalah najasah (najis). Najis ada yang hissiyyah dan maknawiyyah. Najis hissiyyah dapat dihilangkan dengan air dan alat-alat lain yang menyucikan. Najis maknawiyyah tidak dapat dihilangkan kecuali dengan taubat dan iman.

Umumnya, dalam kitab-kitab fiqh, para fuqaha meletakkan masalah Thaharah di bab pertama. Mengapa? Karena kewajiban pertama seorang hamba kepada Allah swt. adalah beribadah kepada-Nya. Ibadah yang paling agung adalah shalat, yang merupakan fondasi agama. Dan, syarat pertama dari shalat adalah thaharah (bersuci), sebagaimana yang disabdakan Rasulullah saw, ‘Shalat tidak diterima Allah jika  tanpa bersuci terlebih dahulu’. (Hadits, riwayat Muslim)

Oleh karena itu, tidaklah mengherankan pada suatu kali Rasulullah saw. bersabda, ‘Kesucian-diri adalah separuh iman’. (Hadits, riwayat Muslim)

 

About these ads

7 Tanggapan to “Menjaga Kesucian Diri”

  1. Deni Yassin 20 Desember 2010 at 17:31 #

    Assalamu’alaikum ya Ustadz..Subhanalloh web dengan konten2 yang penuh dengan inspirasi dan motivasi. Semoga menjadi amal sholeh dan ladang ilmu untuk kita semua.

    Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : Allah berfirman : “Aku sediakan bagi hamba-hambaKu yang shalih sesuatu yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak tergores oleh hati manusia. (Hadits ditakhrij oleh Bukhari).

    salam,
    Sedekah.net

  2. Deni Yassin 20 Desember 2010 at 17:31 #

    Assalamu’alaikum ya Ustadz..Subhanalloh web dengan konten2 yang penuh dengan inspirasi dan motivasi. Semoga menjadi amal sholeh dan ladang ilmu untuk kita semua.

    Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : Allah beriirman : “Aku sediakan bagi hamba-hambaKu yang shalih sesuatu yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak tergores oleh hati manusia. (Hadits ditakhrij oleh Bukhari).

    salam,
    Sedekah.net

    • Bang Aziem 14 Januari 2011 at 09:13 #

      Terimakasih atas silaturrahimnya… Insya Allah tambah berkah dgn sedekah-nya…

  3. tedisobandi 6 Juni 2010 at 13:19 #

    assalaamualaikum ya ustadz,
    ni ada beberapa contoh-contoh gambar buat background yang mungkin ustadz menyukainya.
    saya upload di http://www.ziddu.com/download/10161854/sebeningmataair.rar.html
    saya bagi dua, soal-nya kapasitas gambar lumayan besar
    yang satu lagi nanti saya kirim kembai ke ustadz.

    • Bang Aziem 11 Juni 2010 at 15:40 #

      Wa alaykumussalam Kang Tedi…
      Sy sdh liat koleksinya… subhanallah, bagus-bagus… insya Allah sy akan pakai salah satunya, sambil nunggu kiriman berikutnya :)

  4. arroudloh 5 Juni 2010 at 03:30 #

    Assalamu’alaikum pak Ustadz.. masykur dg ulasannya di atas.. islam agama paling sempurna.. konsen pada setiap aspek kehidupan para penganutnya.. maaf kan saya ustad kalau ada yang salah..

    tema nya bagus ustad. I Like it..

    Salam.. Bint

    • Bang Aziem 11 Juni 2010 at 22:40 #

      Wa alaykumussalam ya habibi… Ya, tidak ada agama yg begitu menjamin keselamatan dunia dan akhirat bagi penganutnya, kecuali Islam.
      Salam…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 240 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: